Friday, August 30, 2019

Pluto Diakui sebagai Planet Oleh NASA


Administrator Badan Antariksa Amerika (NASA), Jim Bridenstine, mengatakan bahwa Pluto masih menjadi bagian dari planet-planet tata surya.

"Jadi Anda tahu, menurut pendapat saya, Pluto adalah sebuah planet," kata Jim saat menghadiri sebuah acara di University of Colorado, yang dikutip oleh ScienceAlert melalui akun Twitter @CReppWx.


Sebelumnya, Pluto dikeluark
an dari daftar sembilan planet oleh International Astronomical Union (IAU) pada Agustus 2006. Karena Pluto dikategorikan sebagai "planet kerdil" daripada planet.

Gerakan yang diambil oleh IAU telah memicu tanggapan beragam di antara para peneliti astronomi untuk mendefinisikan arti sebenarnya dari planet-planet.

Dalam laporannya, IAU mengatakan ada perbedaan dalam definisi antara planet dan 'planet kerdil'. Planet menurut mereka, benda langit yang mengorbit mengelilingi Matahari, memiliki massa yang cukup untuk membuat gravitasi dan dapat membersihkan lingkungan di sekitar orbitnya.

Sementara 'planet kerdil' juga berada di orbit mengelilingi matahari dan memiliki massa, tetapi mereka belum mampu membersihkan lingkungan di sekitar orbit.

Ilmuwan planet NASA Alan Stern pernah menentang gerakan IAU untuk menghapus Pluto dari daftar planet. Karena definisi yang dibuat oleh IAU secara ilmiah sangat bertentangan.

"Kesimpulan saya adalah bahwa definisi IAU bertentangan secara ilmiah, sehingga tidak dapat dipertahankan," katanya.

Saat ini, Pluto sering digunakan sebagai bahan observasi yang menarik bagi para peneliti. Sebagai 'planet kuno', permohonan Pluto tidak pernah berhenti mengundang para ilmuwan untuk diselidiki lebih lanjut.

0 comments:

Post a Comment