Friday, August 30, 2019

Diperkirakan Tahun 2030, Atmosfer Pluto akan Membeku



Astronom di Universitas Tasmania, Amerika Serikat, Andrew Cole memperkirakan bahwa atmosfer di Pluto akan membeku dan bahkan menghilang pada tahun 2030. Dia menemukan ini setelah mempelajari perubahan musim di permukaan Pluto.

BACA JUGA : Pluto Diakui sebagai Planet Oleh NASA

Dilansir dari Digital Trends, Cole dan timnya mempelajari perubahan musim di Pluto menggunakan teknik sembunyi-sembunyi. Penyembunyian terjadi ketika benda-benda seperti Bulan atau planet-planet menghalangi cahaya yang mencapai Bumi dari benda-benda yang lebih jauh seperti Bintang-bintang.


Dengan mengamati bagaimana Pluto menghalangi cahaya dari bintang yang jauh, temuan terkait dengan kerapatan, tekanan, dan suhu di atmosfer Pluto dapat diukur.


"Kami sedang memeriksa bagaimana Pluto merespons perubahan jumlah sinar matahari yang diterimanya saat mengorbit Matahari," kata Cole, yang dikutip oleh Sci News.

"Apa yang kami temukan adalah ketika Pluto berada paling jauh dari Matahari dan selama musim dinginnya di belahan bumi utara, nitrogen membeku di atmosfer."

Pluto sendiri adalah planet terkecil, terdingin dan paling jauh dengan atmosfer di Tata Surya. Itu mengorbit Matahari setiap 248 tahun dan suhu permukaan antara minus 228 hingga 238 derajat Celcius.

Selain itu, atmosfer di Pluto terdiri dari nitrogen dengan jejak metana dan karbon monoksida dan atmosfer ini akan berubah seiring waktu. Menurut Cole dan timnya, tekanan atmosfer di permukaan Pluto telah tiga kali lipat dalam 30 tahun terakhir.

Beberapa planet kecil di Tata Surya menunjukkan bahwa sebagian besar atmosfer akan mengembun hingga tidak ada yang tersisa.


"Kami memperkirakan bahwa pada tahun 2030 atmosfer [Pluto] akan membeku dan menghilang. Jika atmosfer membeku, Pluto bisa terlihat lebih cerah karena pantulan matahari," kata Cole.

Hasil penelitian ini juga akan digunakan untuk membandingkan misi New Horizons NASA, yang telah mengumpulkan data selama penerbangannya di Pluto sejak 2015.

0 comments:

Post a Comment